Tuesday, February 26, 2008

Program Gerai Siaga

I. PENDAHULUAN

Alhamdulillah telah terlaksana peresmian Program Bina Desa Gerai Siaga Telkomsel di Padang pada tanggal 26 mei 2007 yang bertepatan dengan ulang tahun telkomsel yang ke - 12.


II. INFORMASI UMUM

2.1 Data Program
Program Bina Desa Gerai Siaga PKPU merupakan program layanan terpadu yang berbasis pada komunitas di kelurahan pasia nan tigo kecamatan koto tangah kodya Padang. Program ini meliputi beberapa kegiatan yaitu:
a) Pemberdayaan Ekonomi
b) Balai Latihan Komputer
c) Balai Latihan Menjahit
d) Perpustakaan
e) Pendidikan Usia Dini
f) Pembinaan Pemuda
h) Pelayanan Kesehatan dan Gizi Masyarakat

2.2 Organisasi Program

Semua kegiatan di atas dikoordinasikan ke dalam Program Bina Desa Gerai Siaga PKPU. Susunan struktur Program, sebagai berikut:
Penanggung Jawab : Faridansyah
Ketua : Fadrizali. SKM
Sekretaris : Indra. AMD
Keuangan : Leni
Koordinator Program Pendidikan : Nursyamsi, S.Pdi
Koordinator Program Ekonomi : Indra. AMD
Koordinator Program Kesehatan : Fadrizali.SKM

2.3 Kegiatan, Tujuan, Target dan Sumber Dana Program

Kegiatan
Kegiatan program ini meliputi pembangunan fisik Gerai Siaga dan kegiatan-kegiatan pada Gerai Siaga.
Kegiatan-Kegiatan pada Gerai Siaga, yaitu
a) Pemberdayaan Ekonomi
Ada 2 macam Jenis pengelolaan :
A. Usaha Warung ( 3 Kelompok )
B. Budi Daya Ikan Lele ( 1 Kelompok )

A. Usaha Warung
Ø Bentuk Kegiatan
- Pemberian modal usaha bergulir melalui KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) dalam bentuk Pengadaan barang dangangan
- Pelatihan dan Pendampingan

Ø Waktu Pertemuan
Pertemuan direncanakan 1 kali dalam seminggu
Hari : Disepakati dalam kelompok (minggu I,II,III, dan IV)
Jam : Disepakati dalam kelompok
Tempat : Gerai PKPU

Ø Lama Pelaksanaan
Program ini dijadwalkan untuk masa pendampigan 1 tahun, setelah itu mekanisme program diserahkan kepada masyarakat yang secara rutin memberikan laporannya ke PKPU, selanjutnya PKPU akan meyampaikan laporan perkembangan program kepada donator/ lembaga dana/ lembaga mitra.

Ø Kriteria Aggota KSM
- Telah mempunyai usaha kecil-kecilan dan usaha warung akan tetapi kesulitan dalam modal
- Bertempat tinggal pada daerah pasir jambak khusunya RT 6 dan RT 7
- Bersedia mengikuti pertemuan rutin yang telah ditetapkan dalam kelompok
- Tidak bermasalah dalam pembayaran cicilan
- Melampirkan surat keterangan miskin dari kantor lurah setempat
- Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Ø Anggota KSM
KSM terdiri dari 3 kelompok yaitu
Ø Kelompok Maju Bersama 1
Ø Kelompok Maju Bersama 2
Ø Kelompok Maju Bersama 3

Ø Indikator keberhasilan
- Terbentuknya koperasi
- Terbentuknya kelompok yang solid, jujur, dan berdisiplin
- Terbentuknya kelompok baru dari hasil perguliran kelompok
sebelumnya
- Adanya kemandirian dari kelompok dalam hal pertemuan, relasi, keorganisasian dan manajemen pembukuan.

Ø Penanggung Jawab Program
Indra

Ø Kondisi Objektif
- Masih adanya tanggapan dari masyarakat mengenai ketidak merataan dalam program ini karena mereka belum seluruhnya mendapatkan fasilitas yang disediakan gerai PKPU
- Banyaknya jumlah peserta yang mencalonkan diri (yang telah mendaftar 57 orang )

B. Budi daya ikan lele
Ø Bentuk kegiatan
- Pemberian modal usaha bergulir melalui KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) dalam bentuk Pengadaan bibit dan pakan
- Pelatihan dan Pendampingan


Ø Waktu Pertemuan
Pertemuan direncanakan 1 kali dalam seminggu
Hari : Disepakati dalam kelompok (minggu I,II,III, dan IV)
Jam : Disepakati dalam kelompok
Tempat : Gerai PKPU

Ø Lama Pelaksanaan

Program ini dijadwalkan untuk masa pendampigan 1 tahun, setelah itu mekanisme program diserahkan kepada masyarakat yang secara rutin memberikan laporannya ke PKPU, selanjutnya PKPU akan meyampaikan laporan perkembangan program kepada donator/ lembaga dana/ lembaga mitra.

Ø Kriteria Aggota KSM
- Mempunyai kolam tempat melakukan budi daya lele
- Bertempat tinggal pada daerah pasir jambak khusunya RT 6 dan RT 7
- Bersedia mengikuti pertemuan rutin yang telah ditetapkan dalam kelompok
- Tidak bermasalah dalam pembayaran cicilan
- Melampirkan surat keterangan miskin dari kantor lurah setempat
- Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Ø Jumlah Penerimaan
1 kelompok atau sama dengan 10 orang dengan nama maju bersama 4

Ø Indikator keberhasilan
- Terbentuknya koperasi
- Terbentuknya kelompok yang solid, jujur, dan berdisiplin
- Terbentuknya kelompok baru dari hasil perguliran kelompok sebelumnya
- Adanya kemandirian dari kelompok dalam hal pertemuan, relasi, keorganisasian dan manajemen pembukuan.

Ø Penanggung Jawab Program
Indra

Ø Kondisi Objektif
- Masih adanya tanggapan dari masyarakat mengenai ketidak merataan dalam program ini
- Banyaknya jumlah peserta yang mencalonkan diri (yang telah mendaftar 12 orang )
- Adanya rasa keberatan dalam mengikuti pertemuan rutin

b) Balai Latihan Komputer
Ø Bentuk Kegiatan
- Pemberian teori dan pratek

Ø Waktu Pertemuan
- Dibagi menjadi 5 kelas komputer

Kelas Komputer I
Hari : Senin dan Rabu
Jam : 10.00 – 12.00

Kelas Komputer III
Hari : Selasa dan kamis
Jam : 10.00 – 12.00

Kelas Komputer II
Hari : Senin dan Rabu
Jam : 16.00-18.00

Kelas Komputer IV
Hari : Selasa dan Kamis
Jam : 16.00-18.00

Kelas Komputer V
Hari : Selasa dan Kamis
Jam : 20.00 – 22.00


Ø Indikator Keberhasilan
- Mengenal perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dari komputer
- Mengetahui fungsi dan cara kerja perangkat keras dan perangkat lunak
Lama Pelaksanaan
§ Untuk Satu Priode sama dengan 3 Bulan (24 kali pertemuan)

Ø Peserta
- Jumlah Peserta 25 orang
- Pendidikan minimal SMA dan SMK/ Paket B
- Melampirkan surat keterangan miskin
- Bertempat tinggal dipasir jambak khususnya RW 6 dan RW 7
- Bersedia mengikuti segala peraturan yang tealh ditetapkan

Ø Jumlah Penerimaan
§ Maksimal penerimaan 25 orang, dengan klasifikasi 5 orang satu kelas
§ komputer

Ø Peserta pelatihan dapat menguasai dan mengaplikasikan Program Microsof Office

Ø Penanggung Jawab Program
§ Nursyamsi
§ Indra (Sebagai Tenaga bantuan untuk Instruktur)

c) Balai Latihan Menjahit

Peserta pelatihan menjahit digerai PKPU Padang berjumlah 10 orang.

d) Perpustakaan
Ø Bentuk Kegiatan

· Pengadaan buku-buku bacaan (buku anak-anak, buku keislaman, pendidikan dan majalah-majalah islami)
· Bedah Buku
· Bercerita dengan buku
· Menggambar dengan berceita dongeng
· Pelatihan menulis Cerpen

Ø Waktu Pertemuan
Hari : Setiap Hari (Kecuali Hari Libur)
Jam : 08.00-17.00

Ø Lama Pelaksanaan
Selama masih ada yang berkunjung keperpustakaan

Ø Kriteria Pengunjung
- Terbuka untuk semua umur
- Taat terhadap aturan-aturan yang telah ditetapkan

Ø Jumlah Penerimaan
Tidak ada batasan, pintu terbuka bagi yang berkeinginan memamfaatkan buku sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan

Ø Indikator Keberhasilan
· Timbulnya semangat baca dari anak-anak, remaja, pemuda, dan masyarakat pasir jambak
· Meningkatnya perhatian masyarakat terhadap pendidikan anak-anakya

Ø Penanggung Jawab Program
Nursyamsi,SP.d

Ø Kondisi Objektif
· Kurangnya minat baca dari para remaja, pemuda dan masyarakat
· Mayoritas pedidikan pemuda pasir jambak paling tinggi setingkat SLTA/SMA
· Tertinggalnya masyarakat pasir jambak dalam bidang pendidikan

e) Pendidikan Anak Usia Dini
Ø Bentuk Kegiatan
· Belajar sambil bermain, Bermain sambil belajar
· Waktu Pertemuan
Hari : Senin - Jum’at
Jam : 08.00-10.00

· Mulai belajar tanggal 1 juni 2007
Ø Lama Pelaksanaan
· Untuk Satu priode sama dengan 1 Tahun

Ø Kriteria Peserta
· Usia 5 Tahun
· Mengisi Formulir Pendaftaran Ulang
· Melampirkan Surat keterangan Miskin
· Bersedia mengikuti segala peraturan yang ada atas persetujuan orang tua

Ø Jumlah Penerimaan manfaat adalah 22 siswa ( satu kelas)

Ø Indikator Keberhasilan
· Anak-anak terbiasa dengan membaca Basmalah setiap akan mulai kegiatan dan mengucapkan hamdalah selesai melakukan pekerjaan atau kegiatan
· Mengucapkan salam ketika masuk dan keluar rumah
· Dapat mempraktekkan tata cara berwuduk
· Dapat mempraktekkan tata cara sholat dengan bacaanya
· mengenal Huruf dan Angka juga huruf hijaiyah
· Hafal 15 Surat pendek
· Hafal 15 Do’a-do’a harian

Ø Penanggung Jawab Program : Nusyamsi. S.Pdi.

f) Pembinaan Pemuda
Ø Bentuk Kegiatan
· Bina Mental Remaja.
· Pengajian, Baca Tulis Alqur’an, Bimbingan belajar dan pelatihan motivasi.
· Olah Raga
· Senam
· Pembentukan Klub olah raga.
Ø Waktu pertemuan
Hari : Senin-Jum’at
Jam : 17.00-18.30

Ø Lama Pelaksanaan
Selama remaja tersebut masih berkenan hadir dalam pertemuan-pertemuan

Ø Kriteria Peserta
· Beragama islam
· Seluruh remaja kec. Pasie nan tigo khususnya pasir jambak

Ø Jumlah Penerimaan
Berjumlah 25 orang (Laki-laki 10 orang, perempuan 15 orang)

Ø Indikator Keberhasilan
§ Terbentuknya kelompok belajar yang berkesinambungan
§ Adanya keaktifan dari remaja dan pemuda dalam setiap kegiatan yang diangkatkan oleh gerai PKPU

Penanggung Jawab Program : Nursyamsi,S.Pdi

Ø Kondisi Objektif
· Banyaknya jumlah remaja dan pemuda pasir jambak
· Banyaknya waktu luang bagi remaja dan pemuda yang belum terkelola dengan baik

h) Pelayanan Kesehatan dan Gizi Masyarakat
1. Pelayanan Kesehatan Gratis Pada Masyarakat
· Waktu Kegiatan
1 (Satu) kali sebulan, mulai dari jam 08.00 s/d 17.00 WIB
· Kriteria Peserta : Seluruh Masyarakat Pasir Jambak
· Jumlah Penerimaan : Minimal 100 Orang perbulan

Ø Indikator Keberhasilan
· Adanya 100 pasien tiap bulan
· Adanya respon positif dari masyarakat
Ø Penanggung jawab Program
· Fadrizali
Ø Kondisi Objektif
· Kebersihan lingkungan yang kurang terawat
· Tidak adanya Puskesmas di daerah tersebut

2. Fogging

· Bentuk Kegiatan
Pengasapan kerumah-rumah masyarakat pasie nan tigo khususnya pasir jambak
· Waktu Kegiatan
1 kali dalam 2 bulan
· Lama Pelaksanaan
Satu tahun atau sesuai dengan ketetapan
· Kriteria
Seluruh Masyarakat Pasir Jambak
· Jumlah
200 rumah selama 2 hari
· Indikator keberhasilan
- Tercapainya 200 rumah dalam 2 hari setiap 1 kali 2 bulan
- adanya tanggapan baik dari masyarakat
- Menurunnya tingkat penderita demam berdarah
· Penanggung jawab Program : Fadrizali
· Kondisi Objektif
- Kebersihan lingkungan yang kurang terawat
- Jauh Puskesmas dari daerah binaan

3. Layanan Gizi Masyarakat (LGM)
Ø Bentuk Kegiatan
- Pendataan
- Penimbangan
- Pemberian Makanan Tambahan (PMT)
- Pemberian susu
Ø Waktu kegiatan
-1 kali dalam sebulan
Ø Lama Pelaksanaan
Satu tahun atau sesuai dengan ketetapan
Ø Kriteria
- Ibu yang mempunyai anak balita (umur 1-4 tahun)
- Bertempat tinggal dipasir jambak khusus RW 6 dan RW 7
Ø Jumlah
30 Orang anak balita
Ø Indikator keberhasilan
- Pertumbuhan balita yang sehat
- Adanya pengotrolan yang rutin terhadap kondisi anak
- Mempunyai perhatian lebih terhadap makanan yang dikonsumsi oleh anak balita mereka
Ø Penanggung jawab Program : Fadrizali
Ø Kondisi Objektif
- Kebersihan lingkungan yang kurang terawat
- Daerah yang Jauh dari Puskesmas ( + 5 KM )

4. Penyuluhan Kesehatan
Ø Bentuk Kegiatan
- Pemberian penyuluhan kesehatanterhadap masyarakat
- Seminar
- Pelatihan
Ø Waktu kegiatan
1 kali dalam sebulan
Ø Lama Pelaksanaan
Satu tahun atau sesuai dengan ketetapan
Ø Kriteria
- Ibu yang mempunyai anak balita (umur 1-4 tahun)
- Bertempat tinggal dipasir jambak khusus RW 6 dan RW 7
Ø Jumlah
30 Orang ibu balita
Ø Indikator keberhasilan
- Pertumbuhan balita yang sehat
- Adanya pengotrolan yang rutin terhadap kondisi anak
- Mempunyai perhatian lebih terhadap makanan yang dikonsumsi oleh anak balita mereka
Ø Penanggung jawab Program : Fadrizali

Ø Kondisi Objektif
- Kebersihan lingkungan yang kurang terawat
- Tidak adanya Puskesmas di daerah tersebut





Target dan Tolok Ukur Keberhasilan:

a) Bidang Ekonomi

Indikator keberhasilan dapat dilihat pada bidang ekonomi dengan pencapaian 5 Bidang Hasil Pokok (5 BHP)
1) Berjalannya mekanisme KSM sebagai wadah organisasi masyarakat:
- adanya pertemuan rutin
- adanya kelengkapan pengurus
- adanya kegiatan kemasyarakatan (sosial, keagamaan, ekonomi, lingkungan)
2) Terbangunnya sistem administrasi organisasi dan keuangan yang transparan
3) Berkembangnya permodalan KSM yang bertumpu pada keswadayaan anggota:
- ada Tabungan pokok
- ada Tabungan wajib
- ada Tabungan suka rela
- ada Infaq/bagi hasil
4) Tumbuh dan berkembangnya usaha produktif anggota/ kelompok
- Produksi
- Pemasaran
- Jasa
5) Adanya akseptasi (pengakaran di masyarakat) dan jaringan kerja sama


b) Bidang Pendidikan

1) Bertambahnya keterampilan masyarakat objek program
2) Berjalannya tempat sumber belajar sebagai sentra peningkatan keswadayaan masyarakat
c) Bidang Kesehatan
1) Terbentuknya kader-kader kesehatan lokal
2) Bertambahnya pengetahuan masyarakat dalam mengelola gizi rumah tangga
3) Menurunnya kasus gizi buruk di daerah sasaran


Sumber Dana Program
Sumber dana program Gerai Siaga Telkomsel berasal dari Majelis Ta’lim Telkomsel Kantor Pusat Jakarta.


III
PROSES KEGIATAN

3.1. Lokasi Program

Program Gerai Siaga Telkomsel padang terdapat di RT 04 RW 06, Kelurahan Pasia Nantigo, Kec. Koto Tangah Kab. Padang. Wilayah binaan masyarakat dikhusus untuk RW 5 dan RW 7 Kelurahan Pasia Nantigo.


3.2. Aspek Keuangan ( terlampir )



IV
PENCAPAIAN TARGET PROGRAM

4.1 Realisasi Penggunaan Dana




4.2. Realisasi Program dan Kegiatan

Realisasi Program yang dilaksanan:
1) Survey lokasi dan penyiapan masyarakat penerima manfaat,
2) Rekrutmen, pelatihan dan pembekalan tenaga pendamping masyarakat,
3) Pendataan, sosialisasi, pelaksanaan program, dan pelatihan kelompok masyarakat,
4) Pembangunan gedung Gerai siaga,
5) Peresmian, dan
6) Menjalankan program secara rutin untuk bidang kesehatan, ekonomi dan pendidikan.

Dari tahapan-tahapan tersebut di atas telah direalisasikan dengan hasil-hasil sebagai berikut:

Ø Survey lokasi dan penyiapan masyarakat penerima manfaat dilakukan dari tanggal 1-7 Februari 2007 dengan lokasi di Kelurahan Pasia nantigo Kec. Koto Tangah kodya Padang

Ø Realisasi Pembangunan Gedung Gerai Siaga sampai dengan akhir April 2007 adalah sebagai berikut:

Fasilitas
Jumlah (buah)
Komputer
Printer
Msn.Jahit
Rak Buku
TV 29”
VCD
Pkt.Sound
Stand Fun
Fogging
Tmb. Bayi
Tmb.gtg
Pengkr TB
Ayunan
Prosotan
Jungkitan
Neonbox

5
1
5
1
1
1
1

1
1
1
1
1
1
1
1

Ø Program Bina Desa Gerai siaga PKPU Telkomsel di Padang Sumatera Barat, diresmikan pada :

Hari/Tgl : Saptu, 26 Mei 2007
Jam : 09.00 – 11.30 WIB
Dihadiri :
- Walikota Padang : Drs. H. Fauzi Bahar
- wakil ketua DPRD Tk. I : Mahyeldi Ansharullah
- Ketua DPRD Tk II Padang : Hadison
- Duta zakat PKPU : David Chalik
- Telkomsel Grapari Padang : Norman.D Irawan
- Telkomsel pusat : Syaifuddin
- Wakil Direktur PKPU Pusat : Sri Adi Bramasetia
- Kacab PKPU Jawa Tengah : Faridhansa


Ø Rekrutmen, pelatihan dan pembekalan tenaga pendamping masyarakat dilakukan dari tanggal 8-14 April 2007 :

SDM
BIDANG KERJA
Fadrizali
Indra
Nursyamsi
Kesehatan dan gizi masyarakat
Ekonomi
Pendidikan


Ø Realisasi pemanfaatan program Gerai Siaga sampai dengan akhir April 2007 adalah sebagai berikut:

Penerima Manfaat
Penerima Manfaat
Penerima Manfaat
Pendidikan
Kesmasy dan Gizi
Ekonomi
22 Anak Usia Dini/TK
sasaran 100 pasien dan 50 balita (Mei pekan IV)
55 KK/4 KSM
25 Kursus Komputer
Pedagang
10 Kursus Menjahit
Nelayan
Perpustakaan


Deskripsi Realisasi Pelaksanaan Program:
Bidang Ekonomi
Ø masyarakat sasaran 55 KK dikelompokkan menjadi 4 KSM (kelompok Swadaya Masyarakat) yang berprinsip dari, oleh, dan untuk masyarakat, dengan jumlah anggota 15 KK per KSM.
Ø Setelah diberikan pemahaman dan dilatih selama 1 – 2 bulan barulah modal diberikan pada KSM
Ø KSM menggulirkan dana bergulir kepada anggota dengan akad sistem syariah Qordhul Hasan (pinjaman Kebajikan) tanpa bagi hasil dan tambahan apapun, tetapi hanya kembali pokoknya saja dan infak secara sukarela.
Ø Bidang usaha peserta program meliputi, perdagangan, dan perikanan
Ø Anggota wajib mematuhi peraturan yang berjalan sesuai dengan sistem yang disepakati seperti dalam sistem pemberian modal dengan Qordhul Hasan, dana tersebut harus dikembalikan kepada KSM dengan cara mengangsur dalam acara BaLam (Berbagi Pengalaman) yang diadakan satu minggu satu kali. Selain sebagai wahana berbagi pengalaman, acara BaLam juga bermuatan pembinaan rohani dengan pengajian seputar masalah muamalah, aqidah dan akhlak. Pada kesempatan ini pengurus juga melayani setoran tabungan anggota, angsuran pinjaman, infaq dan konsultasi usaha.
Ø Angsuran yang masuk ke KSM dapat digulirkan kembali kepada anggota lain yang belum mendapat pinjaman, demikian seterusnya.

Bidang Pendidikan
Ø 1 buah taman bacaan dan Sanggar Belajar, 25 peserta PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), 25 orang peserta pelatihan komputer, 10 orang kaum ibu peserta Keahlian menjahit dan 80 orang peserta Bina mental pemuda.
Ø Jadwal kegiatan hari Senin-Sabtu jam 08-17.00 WIB/WIT
Ø Lama waktu belajar untuk komputer 3 bulan per angkatan, dibagi 4 kelas pagi dan sore dengan peserta 5 orang 5 komputer sistem paket ms.power point, word, excel dan windows.
Ø PAUD mulai jam 08-10 dari hari Senin-Jum’at.
Ø Kursus menjahit setiap Senin sampai Kamis jam 13.30-15.30.


Bidang Kesehatan
Ø Program dilaksanakan dengan pola mingguan dan bulanan.
Ø Bentuk program bina masyarakat sehat melalui kegiatan :
1) Health promotion (penyuluhan kesehatan lingkungan, pola
makan gizi berimbang dan kesehatan 30 ibu dan anak balita)
2) Health Prevention (pemberian makanan gizi 30 balita,
pencegahan penyakit dan pengasapan nyamuk dewasa untuk 80 KK)
3) Health curation and rehabilitation (pengobatan dan penyembuhan penyakit untuk 100 pasien).


Monitoring dan Evaluasi Program
Ø Monitoring dilakukan melalui pendampingan rutin dan khusus oleh tim Gerai Siaga melalui pertemuan rutin pekanan dan supervisi langsung oleh divisi program terkait di direktorat pendayagunaan masing-masing kantor PKPU cabang.
Ø Evaluasi dilakukan dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan terhadap pencapaian realisasi di lapangan, sehingga kendala dapat diatasi lebih awal.

No comments: